Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Reksa Dana Saham

Semut Media - Apa itu Reksa Dana Saham - Misalkan Anda tidak bisa menganalisis saham. Tapi di satu sisi Anda masih punya uang lebih karena sudah habis THR misalnya. 

Apa itu Reksa Dana Saham? 

Dan Anda berpikir untuk menyisihkan sebagian dari uang itu untuk diinvestasikan dalam saham. Karena Anda mendengar bahwa teman Anda baru saja mulai berinvestasi. 




Jadi Anda merasa tidak ingin kalah dari mereka. Pertanyaannya, Bolehkah kita yang tidak tahu, yang pemula, berinvestasi saham? 

Menurut pendapat saya, jawabannya adalah: Anda bisa. Tapi kasusnya akan menjadi spekulasi. Tidak ada bedanya dengan judi. Bagi Anda yang masih pemula dan belum bisa menganalisa suatu saham, lebih baik menginvestasikan uangnya dalam bentuk investasi lain. Keduanya adalah saham, tetapi perbedaannya adalah bahwa mereka memiliki kata tambahan "reksa dana" di depannya. Menjadi dana ekuitas.

 Jadi apa itu reksa dana saham? 

Saya jelaskan konsepnya di Artikel ini. Namun sebelumnya saya ingin mengucapkan selamat datang di website KitchenRecipes bagi kalian yang baru pertama kali membaca website ini. Di saluran ini, saya berbagi dengan Anda semua yang saya ketahui tentang saham dari bawah ke atas. Seperti “Apa itu saham?”, “Dari mana untungnya?” “Apa risikonya?”, “Apa metode analisisnya?” dll.dan saya juga meliput laporan keuangan mulai dari mengunduh hingga membaca.

Jika Anda ingin berinvestasi saham, Anda perlu memahami cara menganalisis suatu saham, betapapun sederhananya. Tetapi jika Anda tidak dapat menganalisis saham, Anda dapat memilih opsi kedua, yang akan saya jelaskan kepada Anda sebentar lagi. Opsi pertama adalah membeli saham sendiri sementara Anda sudah memiliki pengetahuan. Pilihan kedua adalah meminta orang lain untuk membelikan Anda saham. tunggu tunggu tunggu, bisakah kamu benar-benar melakukannya? Jawabannya iya. Saya akan menjelaskannya dalam sebuah cerita. 

Misalkan Anda memiliki teman bernama Daniel yang tahu bagaimana menganalisis suatu saham. Karena dia sebenarnya belajar di bidang ini, misalnya. Jadi tidak perlu ditanya lagi tentang skillnya. Anda dapat memintanya untuk bertanya, "Eh, ayolah (Daniel), saya punya sisa uang THR, 1 juta. Anda memilih saham yang bagus untuk saya investasikan." Daniel juga langsung berkata, “Oh. .” Mereka kemudian menjawab, “Oke, santai, tidak apa-apa.” Pada akhirnya, dana 10 juta itu terhambat oleh Daniel, yang membeli saham yang menurutnya bagus. Dan setiap bulan dia mengirim laporan ke 10 orang, termasuk Anda. 


Laporan yang mana apakah ini?

Laporan yang merangkum apa yang telah dia lakukan. Intinya, uang itu dihabiskan untuk setiap saham, sekarang totalnya bertambah atau berkurang berapa persentasenya, dan informasi lainnya. Mari kita coba simpulkan. Ada orang bernama Daniel saat ini memegang 10 juta dari teman-temannya memintanya untuk mengontrol dana mereka. Kemudian dia akan memotong sekitar 3 persen dari biaya keandalan. Ya untuk membayar biaya transaksi apa yang terjadi dan oke pada dasarnya tanda terima kasih karena ingin menyimpan semua uang Anda. 

Lalu Daniel akan membuat 1 laporan setiap bulan tentang apa yang dia lakukan. Contoh yang saya berikan adalah ilustrasi yang sangat sederhana tentang apa yang disebut reksa dana. Reksa dana dapat diartikan sebagai "wadah". Sedangkan dana adalah uang. Jadi artinya "uang container”, alias uang yang terkumpul dalam wadah uang karena dibatasi dalam satu bentuk investasi. Oleh siapa? dari Daniel ini. 

Kita bisa menyebut Daniel di sini sebagai manajer investasi, juga dikenal sebagai orang yang memikirkan jenis produk investasi apa yang dia pegang saat ini. Misalnya, apakah akan dibelanjakan untuk deposito, utang, obligasi, atau saham. Dalam kasus reksa dana saham, ini berarti dia membelinya dalam bentuk saham. 

Tidak benar? Apakah Anda tahu?

Kemudian kita bisa menyebut dana 10 juta itu sebagai AUM alias Asset Under Management. Yang berarti total aset Daniel terbatas. Lalu akhirnya ada rebate 3 persen, ini adalah dana yang kami bayarkan untuk jasa Daniel dan pengeluaran lainnya terkait pembelian saham dan lain-lain yang tidak perlu anda ketahui sepenuhnya juga. 

Sederhana dan adil, bukan? 

Anda mempercayakan Daniel dengan dana untuk keandalannya, lalu Anda membayar persentase tertentu untuk layanannya. Konsep reksa dana, sesederhana itu. Ada berbagai jenis reksa dana, ya ada reksa dana saham, campuran, pendapatan tetap dan pasar uang. Jika itu saham, katakanlah dana saham, itu berarti sebagian besar uang dalam wadah itu akan dibeli dalam bentuk saham oleh manajer investasi, oleh Daniel. Adapun sisa reksa dana, kita akan membicarakannya nanti. 

Sekali lagi, opsi pertama adalah membeli saham Anda sendiri, yang tidak dapat Anda lakukan saat ini karena Anda tidak dapat menganalisisnya. Opsi kedua, yang saya jelaskan sebelumnya, adalah membeli saham dari manajer investasi, yang juga dikenal sebagai reksa dana saham. 

Apa bedanya? Opsi 1 dan opsi 2? 

Dengan Opsi 1, Anda memiliki saham sendiri karena Anda memilikinya secara langsung. Anda membeli langsung di pasar modal. Jadi Anda bisa mengatakan sesuatu seperti, misalnya, "Saya investor saham BCA karena saya memiliki 300 saham BCA."Untuk opsi kedua, walaupun sebenarnya Anda juga membeli saham, namun karena Anda membelinya secara tidak langsung alias melalui Daniel, Anda tidak bisa dianggap sebagai pemegang saham. Mengapa? karena sebelumnya kamu membelinya bersama dengan 9 teman lainnya.

Jadi tidak disebutkan berapa banyak saham yang Anda miliki, berapa banyak saham yang Anda miliki, saham A, saham B, dan seterusnya. Namun dalam reksa dana, kami menyebutnya sebagai “Unit Penyertaan” (UP). 

Tapi ya, itu tidak terlalu penting. Maka Anda akan mengerti cara kerjanya. Mari kita lanjutkan dulu. Pertanyaan selanjutnya adalah dimana kita bisa membeli reksa dana? 

Dimana kita bisa menggunakan jasa Daniel ini?

Jawaban yang menurut saya paling mudah adalah aplikasi seed. Unggulan ini adalah APERD alias Agen Penjual Reksa Dana. Intinya jual reksa dana. Jadi, di aplikasi Seeds, ada berbagai Daniel yang siap mengontrol dana Anda. Dan Anda bisa berinvestasi hanya dengan modal 100.000. ingin lebih? ya silahkan aja ya terserah kamu aja. Langsung saja, saya tidak perlu menjelaskan cara mendaftarnya, oke? karena semudah itu. anda mencarinya sendiri. 

Saya hanya ingin menunjukkan cara memilih reksa dana saham di Bibit. Pada bagian home, scroll sedikit ke bawah dan Anda akan langsung menemukan tulisan "Choose Your Own Investment Funds".

Ada 4 pilihan, Anda memilih saham. Langsung saja daftar nama-nama seperti “BNI-AM IDX30 Index”, “Sucorinvest Equity Fund” dan lain-lain yang sulit disebutkan namanya. Tapi sebenarnya mereka, ya Daniel alias manajer investasi. Anda dapat memilih salah satu Daniel, misalnya indeks BNI-AM IDX30, Anda menekannya, maka hal-hal yang kita pelajari sebelumnya muncul. Total aset yang dikelola sebesar 741,19 miliar, artinya total dana yang dibatasi penggunaannya adalah 741 miliar. Sifat produknya tentu saja saham, karena merupakan reksa dana ekuitas. Oleh karena itu dibeli paling banyak dalam bentuk saham. 

Tingkat risiko yang tinggi. Ya karena ada stoknya. Expense Ratio, itulah yang tadi kami sebutkan sebagai “fee” atau total biaya yang harus kami keluarkan selama kurang lebih satu tahun saat menggunakan jasa Daniel.Dan selain itu ada CAGR 1Y. 1Y adalah “1 year” yang berarti pertumbuhan dana yang dikendalikan oleh Daniel dalam satu tahun. 

Saham yang dibelinya naik 20,82 persen tahun lalu. Adapun Drawdown 1Y, itulah yang dia rasakan tahun ini. Di sini, inilah yang saya tembak. Itu berarti dia memiliki sekitar 14,14 persen Nyungsep pada periode itu. Artinya, jika Anda menabung 1 juta 1 tahun yang lalu. Nilainya saat ini tidak lagi 1 juta, tapi sudah tumbuh 20,82 persen atau sekitar 1,2 juta. Anda memiliki keuntungan sekitar 200.000. 

Itu bagus, bukan?

Anda belum memiliki keterampilan analisis saham, tetapi jika Anda memercayai Daniel dengan 1 juta Anda selama setahun terakhir, dana yang Anda investasikan telah tumbuh sekitar 20 persen tanpa Anda harus melakukan apa pun. Bayar saja fee-nya, fee Daniel sekitar 1,59 persen. Selanjutnya ya. Jadi, cukup menebak. Sekarang saatnya Anda melakukan investasi nyata. Saatnya mempercayakan manajer investasi ini dengan uang sungguhan. 

Scroll sedikit ke bawah, langsung muncul, minimal pembelian mulai 10.000. Jadi, secara kebetulan, Daniel bersedia menyimpan uang Anda, meskipun hanya 10.000. Kemudian biaya pembelian gratis, total 10.000. Kemudian Anda juga dapat mengaktifkan tabungan reguler dengan Gopay untuk pembelian ini. Nanti bisa diatur, kalau mau tiap hari/setiap minggu/setiap bulan gratis. 

Ini adalah fitur yang sangat berguna bagi orang yang sering lupa atau suka dipaksa menabung terlebih dahulu agar tidak boros. Kemudian centang "Saya setuju dengan pembelian la la la ini" dan kemudian "Bayar Sekarang". Dan selebihnya, sama seperti Anda melakukan belanja harian melalui aplikasi. Ada begitu banyak opsi pembayaran yang dapat Anda lakukan apa pun yang Anda inginkan. Kali ini saya membayar dengan LinkAja karena Gopay saya bermasalah dan tidak bisa terhubung karena suatu hal. Selanjutnya, setelah membayar, Anda akan menerima konfirmasi "Pembayaran berhasil". 

Ayo tunggu apalagi, 2 hari kemudian dana ekuitas Anda akan langsung masuk ke portofolio Anda. Selesai, Anda resmi sekarang, Anda telah membeli dana saham. Untuk keamanan Anda sendiri, Anda tidak perlu khawatir karena benih sudah terdaftar di OJK. Jadi uang Anda aman. Uang Anda juga tidak tiba-tiba diambil dari Daniel, karena dia sebenarnya tidak memegang uang Anda secara langsung. Uang Anda bukan dengan Daniel, tetapi dengan bank bernama Bank Kustodian. 

Pada dasarnya, uang itu aman. Mari kita coba mundur sedikit untuk melanjutkan yang sebelumnya. Jika Anda menggulir ke bawah, Anda akan melihat informasi tambahan tentang jenis kepemilikan teratas manajer investasi ini, alias jumlah uang yang Anda beli untuk sebuah saham. Jadi dari $700 miliar, sebagian besar uang masuk ke 10 saham ini. Yaitu Kalbe Farma, Bank BCA, Telkom, Charoen Pokphand ya. Ini adalah perusahaan ayam. dan lainnya. Jadi Anda seharusnya mengerti, jika Anda menyetor uang ke Daniel pada tahun lalu, itu berarti Daniel membeli 10 saham itu setelah Anda menggabungkan sekitar 1 juta uang Anda dengan uang lain.

Terakhir, reksa dana yang masuk ke saham tersebut hingga saat ini naik 20,82 persen. 

Itu saja, sangat mudah bukan?

 Konon, Anda semakin yakin tidak bisa langsung disebut investor saham, kan? Karena Anda sebenarnya perusahaan patungan dengan orang lain, oke? Berikutnya. Kemudian di pojok kanan bawah terdapat “Fund Fact Sheet” yang merupakan laporan bulanan yang disiapkan Daniel untuk investor reksa dana seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya.Lalu, tepat di sebelahnya juga ada "brosur" yang berisi, ya, buka sendiri ya, membosankan. Informasi lebih lanjut: Saat ini terdapat 35 Daniel, yang juga dikenal sebagai 35 Manajer Investasi, dalam aplikasi Bibit yang dapat Anda pilih untuk mengelola dana Anda. 

Tidak perlu bingung, Anda bisa memilih siapa saja karena semuanya baik-baik saja. Sebagai gambaran, saat ini ada lebih dari 350 ekor Daniel di Indonesia, namun bibit ini sudah disortir hingga tersisa 35 ekor saja. Yang tentu saja melalui filter yang ketat.Jadi, pada dasarnya, semua yang ada di daftar ini adalah 10 persen manajer investasi reksa dana saham teratas menurut Bibit.

Namun jika Anda masih bersikeras dan masih ingin membandingkan, Anda bisa membandingkan seluruh AUM. Semakin besar aset yang dikelola, kita dapat mengartikannya, semakin banyak orang percaya pada manajer investasi. Atau Anda juga bisa membandingkan rasio pengeluaran.Semakin kecil, semakin sedikit Anda akan dipotong per tahun.

Itu berarti menguntungkan bagi Anda juga, bukan?

Atau dari pengembalian 1 tahun. Tapi ingat, pengembalian 1 tahun ini adalah hasil 1 tahun yang lalu, bukan 1 tahun ke depan. Ada pengembalian 1 tahun sebesar 40 persen, tetapi itu tidak berarti akan menjadi 40 persen tahun depan, oke? Jika Anda mau, Anda bahkan dapat mengklik untuk mempelajari lebih lanjut, dan kemudian kepemilikan teratas memeriksa jenis saham apa yang mereka beli. 

Tapi ya benar, mulai dari sini, Anda juga tidak bisa melakukan analisis saham. Tidak benar? Jadi mari kita percaya Daniel.Atau opsi terakhir, yang menurut saya memudahkan Anda bahkan sebagai pemula. Adalah fitur rekomendasi robo di rumah Seeds. Jadi jangan khawatir pilih-pilih, biarkan Robo Seed memberi Anda rekomendasi uang Anda, lebih baik jika Anda membeli reksa dana. 

Seperti saya di sini, profil risiko 10, artinya profil risiko tertinggi, adalah yang paling agresif. Artinya, jika saya ingin menginvestasikan 100.000 sebagai jumlah minimum untuk menggunakan Robo Advisor, benih ini akan segera mengonversi dana 100.000 sesuai dengan profil risiko saya. Karena saya memiliki profil risiko tinggi, nomor 10, uang itu dimasukkan ke dalam dana ekuitas 70 persen. 20 persen obligasi dan 10 persen pasar uang.

Intinya, semakin agresif Anda dengan profil risiko Anda, semakin banyak Robo akan berinvestasi di dana saham Anda. Yang selanjutnya akan segera muncul di tab portofolio Anda dalam 2 hari kerja setelah pembelian.

Kesimpulan

Sebagai penutup, saya ingin meninggalkan Anda dengan sebuah pesan. Anda dapat membeli saham secara langsung, dengan pengetahuan atau tanpa pengetahuan. Tidak ada yang melarang. Namun, akan jauh lebih bijak jika Anda belum mengetahuinya, sebaiknya serahkan pada yang sudah memiliki ilmunya. Anda hanya membayar untuk layanan ini. PR Anda hanya untuk memastikan orang tersebut aman dan dana tidak disetorkan?

Saat di Bibit, sangat aman karena dalam pengawasan OJK. Jadi daripada kehilangan uang THR Anda karena tidak memilih saham dan orangnya, lebih baik simpan saja di reksa dana saham sambil terus belajar tentang saham itu sendiri. Itu saja untuk Artikel ini, pesan saya selalu jangan malu belajar saham dari awal.