Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Beli Saham Pakai Aplikasi Stockbit | Begini Caranya

SemutMedia.com - Cara Mudah Beli Saham Pakai Aplikasi Stockbit -  Saya selalu mengatakan bahwa jika Anda ingin membeli saham perusahaan, Anda harus melalui sekuritas. Lewat Indomaret gak bisa, gak bisa langsung ke gedung perusahaan gak bisa transfer langsung ke rekening direktur, "Hai bos, saya mau beli saham perusahaanmu". tidak bisa. Pastinya anda yang memang ingin memulai investasi saham masih bingung. "Ya. Saya tahu dari perusahaan keamanan, tapi... bagaimana saya melakukannya?" Jadi saya akan menunjukkan langkah demi langkah.

Cara Mudah Beli Saham Pakai Aplikasi Stockbit | Begini Caranya

Dari awal, Anda mengunduh aplikasi, mendaftarkan sekuritas, memasukkan uang ke dalam aplikasi, membeli saham dan akhirnya Anda dapat menjadi pemegang saham perusahaan. Kali ini saya menggunakan Stockbit! Yuk baca sampai habis! Kita beruntung. Saat ini, kita hanya bisa membeli saham dengan ponsel, koneksi internet, dan tentu saja, uang yang kita sisihkan untuk berinvestasi. Mengapa harus menggunakan ponsel? Karena saya membelinya melalui aplikasi. 

Apakah bisa menggunakan gadget lain? Bisa. Asalkan gadget bisa mendownload aplikasinya. Tunggu, mengapa aplikasi? Apakah Anda mengatakan melalui keamanan? Ya, jadi kami menggunakan aplikasi untuk terhubung dengan sekuritas online! Jadi itu 2 hal yang berbeda, ya. Ada aplikasi yang perlu diunduh ke dalam gadget kita, kemudian aplikasi tersebut dapat menghubungkan kita dengan perusahaan investasi. 

Hanya dengan begitu kita bisa membeli dan menjual saham. Karena kami menggunakan Stockbit, Anda hanya perlu mencari dengan kata kunci "stockbit" di Google Play atau App Store. Atau cukup klik tautan di perintah deskripsi. Setelah diunduh, buka. Di halaman depan terdapat tulisan "Stockbit by PT Mahakarya Artha Sekuritas". Sekarang Anda mungkin telah menyadari bahwa Stockbit adalah aplikasinya, Mahakarya Artha Sekuritas adalah keamanannya. DALAM URUTAN?

Kemudian Anda menghadapi pilihan ini, apakah Anda mendaftar atau Anda? Kami memilih daftar. Mulai sekarang saya rasa saya tidak perlu menjelaskan lebih jauh karena prosesnya sebenarnya hanya memasukkan informasi pribadi. Cukup siapkan KTP, selfie dengan KTP, informasi pribadi, informasi pekerjaan dan harus memiliki rekening di Bank BCA. Nah, itulah sedikit PR menurut saya kalau belum punya rekening BCA. Jika Anda belum memiliki rekening, Anda akan diminta untuk membuka rekening BCA terlebih dahulu, namun jangan khawatir karena proses onlinenya juga cepat. Ngomong-ngomong, apakah aman? 

kami mengirimi mereka data privasi seperti itu? Saya akan mengatakan itu aman karena Stockbit sudah terdaftar di OJK. Hasilnya nanti di akhir 2 akun yang terbentuk. Salah satunya adalah Rekening Bank Pribadi BCA jika Anda belum memilikinya dan yang kedua adalah Rekening Dana Klien BCA, juga dikenal sebagai RDN. Sekarang kita bisa menggunakan RDN BCA ini untuk membeli saham. OKE? Selanjutnya, ya. Setelah kami mengisi semua data pendaftaran, Anda akan menerima pemberitahuan seperti itu. Registrasi selesai, hanya verifikasi oleh KSEI perusahaan investasi dan akhirnya verifikasi oleh RDN bank hilang. ini semua membutuhkan waktu sekitar 1 hari kerja. 

Jadi kalau belum terverifikasi bisa stop dulu artikelnya sampai disini, nanti kita lanjut lagi. Kembali ke tujuan awal. Sekarang akun keamanan Anda sudah siap. Ya. RDN BCA yang baru saja dibuat akan langsung aktif karena minimal deposit dengan stock bit ini adalah 0, yaitu H. Tidak perlu memasukkan uang, akun akan langsung aktif. Namun, jika Anda ingin membeli saham, Anda perlu menambahkan dana melalui RDN yang telah dibuat sebelumnya. 

Bagaimana cara memasukkan dana? Caranya sangat mudah, kamu tinggal masuk ke aplikasinya, lalu klik garis 3 di pojok kiri atas lalu klik "Deposit". Disini kebetulan saya coba masukin uang 50.000 dulu, jadi saldo alias saldonya 50.000. Kemudian terserah Anda apakah Anda ingin mentransfernya menggunakan metode gratis apa pun. Pada halaman selanjutnya Anda akan menemukan nomor rekening RDN BCA yang kami miliki. Jadi transfer uang ke rekening ini. Rekening tersebut merupakan rekening khusus untuk membeli atau menjual saham. Bagaimana maksudmu? Saat ingin membeli saham, Anda mengambil uang dari rekening ini, sedangkan saat menjual saham, Anda juga mentransfer uang hasil penjualan ke rekening ini.

Apakah Anda ingin menarik dana dari RDN ke rekening bank kami? Ya, pilih saja "Tarik" di sebelah setoran yang dilakukan sebelumnya. Saya mencoba mentransfer 950.000 sehingga saldo menjadi 1 juta. Lalu tidak sampai dalam 5 menit, uang sudah ada di dalamnya. Tapi kebetulan saya lupa screenshot saat saldonya 1 juta. Sekarang saatnya kita membeli saham. Misalnya saya akan membeli saham yang sering saya sebut di situs ini, saham Bank BRI. 

Caranya klik tombol cari di tengah, ketik kata BBRI untuk kode saham, atau tulis saja “Bank BRI”, nanti akan ada pilihannya juga, lalu klik. Muncul BBRI yang saat ini di harga 4.090 rupiah per lembar, kita klik 'beli'. Selanjutnya akan muncul trading balance atau saldo saya yaitu 1 juta rupiah. Lalu pertanyaannya adalah berapa banyak yang ingin Anda beli? dan berapa harganya? Saya akan membelinya dengan harga 4100 per saham agar saya bisa segera mendapatkan sahamnya. Kenapa bisa langsung dapat? Anda bisa membaca artikel saya tentang stock order book. 

Link ada di deskripsi koandam. berapa banyak Anda Anda sudah tahu itu berarti 100 daun. Saya bisa saja secara manual klik di sini untuk 0 menjadi 1, artinya 1 adalah wajib. Atau Anda bisa menggeser tombol ini ke kanan, Anda tinggal menggeser saja. Nantinya, dia juga menyesuaikan jumlah dengan jumlah kredit Anda. Kemudian kita klik beli, maka akan muncul preview order, anda bisa mengecek kembali apakah order anda sudah benar atau belum. 

Di sini tertulis mau beli saham BBRI dengan harga 4.100 per saham, sebanyak 1 trust, jadi harus bayar total 410.000 kan? dan biaya perantaranya gratis atau free. Untuk sementara Stockbit tidak dipungut biaya hingga 31 Desember 2021. Nama yang Anda gunakan untuk surat berharga Anda, sebenarnya Anda harus membayar jasa mereka. Tapi sekarang gratis, Anda hanya perlu membayar biaya penukaran. Apa itu biaya konversi? Kita bisa klik di sini untuk jawabannya. 

Biaya penukaran merupakan biaya yang sebenarnya dibebankan oleh Bursa Efek Indonesia, yang besarnya sebagai berikut, sebesar 0,043 persen dari total transaksi. Biaya ini merupakan biaya pembelian saham termurah di Indonesia. Karena total transaksi Anda sekarang 410.000, biaya penukarannya hanya 176 rupiah. Sangat murah bukan? Jika total transaksi Anda adalah 10 juta? ya sesuaikan saja dikalikan 0,043 persen. Apakah kamu mengerti? Kemudian "Konfirmasi" segera atau Anda mengkonfirmasi. 

Dengan demikian, pesanan Anda telah dikirim ke bursa saham. Kemudian klik next dan seperti yang saya katakan, Anda langsung mendapatkan saham dengan harga 4100 per saham. Ratusan saham Bank BRI telah resmi menjadi milik Anda dan langsung masuk ke dalam portfolio saham Anda. Sekarang saldo saya hanya 589rb karena saya beli 410rb dari Bank BRI. 

Saya mencoba melanjutkan dengan sisa dana untuk membeli saham lain, misalnya saya membeli saham dari sektor industri dasar. Sebagai bantalan saya memilih bantalan BAJA. Dengan cara yang sama saya membeli BAJA dengan harga masing-masing 372 rupiah dan saya membeli 15 lembar sahamnya alias 1500 lembar. Statusnya masih "open", kemudian 2 menit kemudian "cocok", yang berarti saat ini saya memiliki 15 saham BAJA di portofolio saya. Jadi bisa dilihat disini nilai saham Bank BRI saya 410.176. 176 adalah biaya yang saya bayarkan ke pasar saham untuk membeli saham di pasar. Maka nilai saham BAJA saya adalah 558.240, jadi 240 juga merupakan biaya. Sisa saldo saya sekitar 31.000. Jadi total portofolio saya juga 1 juta. Uang tunai yang tersisa hanya 31.000, sisanya dalam bentuk saham sekitar 968.000. Jadi total ekuitas saya alias total kekayaan bersih saya di aplikasi Stockbit ini adalah 999.000.

ok tahu kan Ngomong-ngomong, kenapa kamu memilih BAJA sebagai two-share? Yang jelas saham BRI sudah dibahas sebelumnya. Jawaban saya adalah agar saya dapat membeli sesuatu dengan sisa uang itu. Namun jika saya ingin memberikan beberapa alasan, analisa singkat saya adalah pertama harga jual baja atau steel akan mengalami penurunan yang signifikan pada tahun 2021 dibandingkan 10 tahun terakhir. 

Apa dampaknya? 

Perusahaan BAJA ini memperoleh 90% omzetnya dari penjualan baja lapis aluminium seng. Dengan harga baja yang masih bagus dan tinggi di dunia, diharapkan perseroan dapat memanfaatkan momentum penjualan ini untuk produknya yaitu baja aluminium galvanis dengan harga yang lebih mahal dari sebelumnya. . Baja masih mahal di pasar dunia. Harapannya, BAJA bisa menghasilkan laba bersih lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya. 

Di Stockbit kita bisa melihat data laporan keuangan perusahaan. Misalnya perusahaan BAJA ini. Itu di sisi ketika kita ingin membeli saham tadi. Anda mendorong di "KeyStats" atau statistik kunci. Langsung saja net income atau laba bersih perusahaan BAJA dari tahun 2019 sampai dengan tahun 2021. Pada tahun 2019, kita dapat melihat bahwa laba bersih BAJA tahun itu hanya 1 milyar, “1B”, B adalah milyaran, disebut juga milyar. 55 miliar pada tahun 2020. Nah, pada tahun 2021 perusahaan BAJA ini sudah menghasilkan laba bersih sebesar 79 miliar, padahal baru dua triwulan berturut-turut, yaitu baru setengah tahun. coba bandingkan dengan tahun sebelumnya, yang telah beroperasi selama 1 tahun, perusahaan dapat menghasilkan "hanya" 55 miliar. 

Hanya bertahun-tahun sejak itu menghasilkan 79 miliar, yang berarti sekitar 158 miliar per tahun. Kira-kira sejalan dengan kenaikan harga jual baja atau baja di dunia pada tahun 2021. Ini tidak kami ubah menjadi laba bersih, kami ubah menjadi penjualan. Nah, Anda akan lihat, penjualan pada 2019 adalah $ 1,073 triliun. Sementara pada 2020 akan meningkat 20% menjadi sekitar 1,2 triliun. Pada tahun 2021, penjualan diperkirakan meningkat menjadi 1,4 triliun dalam setahun. Jadi, berdasarkan 2 indikator sederhana, kita sebenarnya tahu bahwa perusahaan BAJA ini telah mencapai peningkatan kinerja. Baik dari sisi penjualan maupun laba bersih. 

Berdasarkan hal tersebut, saya memilih saham BAJA dalam artikel ini. Ya, sebenarnya ada alasan lain, tetapi saya tidak akan membahasnya di artikel ini karena terlalu panjang. Di dalam aplikasi Stockbit, selain keystats juga terdapat data keuangan alias rangkuman yang sangat lengkap dari laporan keuangan masing-masing perusahaan. Tapi ketika saya suka membukanya melalui laptop atau komputer karena layarnya lebih besar. Saya suka tutorial ini. 

Pertama, buka browser dan ketik stockbit.com, lalu klik Andagin. Anda hanya perlu menggunakan data yang kami buat sebelumnya. Klik Andagin lalu cari stok yang diinginkan di pojok kiri atas. Misalnya BAJA, Anda klik BAJA. Lalu kita klik Finansial, lalu saya tidak pilih Quarterly tapi ubah ke Annual alias tahunan agar terlihat rapi bahwa laporannya tahunan. Bisa dilihat datanya dari 2015 sampai 2020, data untuk 2021 belum ada karena tahun belum tutup. Tetapi jika Anda memilih triwulanan, ada data aktual. Oke, kembali ke tanggal tahunan.

Dalam data tahunan Anda bahkan dapat mengklik layar penuh dan kemudian data pelaporan keuangan perusahaan akan muncul bahkan dari tahun 2010. Sekarang Anda dapat memproses ulang data dari sini jika Anda memahaminya. Jika belum paham, tidak apa-apa, kita akan mempelajarinya pelan-pelan di artikel selanjutnya.

oke seperti itu. Sekarang Anda seharusnya sudah benar-benar mengetahui cara membeli saham melalui aplikasi Stockbit. Saya merasa sangat mudah untuk menjualnya. Anda cukup masuk ke tab "Portofolio", pilih saham yang ingin Anda jual lalu klik "Jual". 

Nanti uang hasil penjualan masuk ke RDN BCA kita. Menurut saya, tampilan aplikasi Stockbit ini sangat ramah bagi pengguna baru untuk memulai berinvestasi. Tiga tombol favorit saya, yaitu tombol Beli, Jual, dan Portofolio, tersusun rapi di seluruh bagian. Juga tombol-tombol lainnya didesain dengan sangat ringkas sehingga kita tidak terlalu bingung meskipun kita masih sangat baru dalam aktivitas jual beli saham melalui aplikasi sekuritas. 

Adapun fitur lain di Stockbit, Anda akan menjadi sadar diri seiring waktu. Seperti "Stream" yang ada di pojok kiri bawah. Nanti kalau diteruskan akan tahu bahwa “Oh, aliran ini adalah tempat dimana orang-orang mengutarakan pendapat dan berdiskusi satu sama lain tentang suatu saham tertentu” atau misalnya “Virtual Trading”, nanti kamu akan mengerti ketika kamu membukanya, misalnya, dan itu tidak kalah pentingnya dengan Stockbit. 

Ada juga fitur stock screener yang bisa menyaring stock yang sesuai dengan yang kita cari. Sebagai penutup, saya ingin memberi tahu Anda semuanya. Saya belum tentu memiliki saham BRI atau BAJA dalam portofolio awal saya. 

Demikian juga, orang lain yang Anda kenal dari internet belum tentu memilikinya, meskipun mereka membicarakannya dan menunjukkan caranya. Dan jika Anda memilikinya, Anda tidak akan pernah tahu siapa saya atau berapa harga Anda membelinya. Anda harus selalu ingat, jika akan membeli saham, jangan mengikuti apa yang orang lain katakan. Juga, orang lain di internet mengatakan tidak. Kalau bisa, analisis diri sendiri dulu. Tinggalkan, jika Anda mendapat manfaat, ya karena Anda. Dan jika Anda kalah, itu terserah Anda juga. Jangan salahkan siapa pun. Anda harus bertanggung jawab atas uang yang Anda miliki. Oke sekian untuk artikel kali ini, pesan saya masih dari awal. Jangan takut untuk belajar saham dari awal!